Senin, 28 Februari 2011

cara peMAKSIMALan kerja OTAK

Story by oktaniaputri at 21.48
otak adalah aset paling berharga dalam tubuh kita. bagaimana tidak? otak sebagai pusat kontrol yang mengendalikan hidup kita dan otaklah yang menentukan bagaimana cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. jika tidak ada otak bagaimana diri kita? otak harus dimaksimalkan dalam kerjanya agar kita bisa menggali dan menampakkan potensi diri kita.
A WAY TO MAXIMUM BRAIN WORK is...

Berlari
para peneliti mengatakan bahwa orang yang melakukan banyak latihan fisik mungkin memiliki otak yang lebih baik. peneliti di Salk Institute menemukan bahwa tikus yang suka berlari pada roda latihan mengalami pertumbuhan sel-sel baru dua kali lebih banyak pada otak daerah memori dan belajar. para peneliti belum yakin dengan penyebabnya tetapi ada kemungkinan bahwa hal ini dikarenakan oleh latihan fisik yang tidak dipaksakan.dengan menemukan cara untuk menikmati olahraga daripada terpaksa melakukannya dapat membuat kita menjadi lebih pintar juga.
so, lakukan olahraga yang kamu gemari, lari pagi dengan musik atau fitness dengan teman-temanmu untuk lebih menyegarkan otakmu.

Mencoba Hal Baru
menemukan cara baru dalam berpikir dan mencoba berbagai hal baru dapat meningkatkan fungsi dari daerah otak yang kurang aktif. intinya cobalah lakukan apa saja yang dapat membuat kamu keluar dari kebiasaan cara berpikirmu selama ini, misalnya mencoba berbagai masakan baru, pergi ke kantor melalui jalan lain, mengunjungi tempat-tempat baru atau mencoba membuat suatu karya seni.

Bertanya
biasakan dirimu untuk selalu ingin tahu ! tanyakan kepada diri sendiri dan orang lain di sekitar tentang berbagai hal. biasakan untuk bertanya "kenapa?" setidaknya 10 kali sehari, sehingga otak menjadi terlatih dan kesempatan serta solusi akan muncul dalam kehidupan.

Tertawa
tertawa baik untuk kesehatan. seumur hidup kita sudah merasakan khasiat tertawa yang dapat mengurangi stress dan tekanan mental. Jadi tertawalah sebelum tertawa itu dilarang! :D

Menjadi Pecinta Ikan
omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan telah lama diketahui baik untuk jantung. tapi penelitian terakhir mengungkapkan bahwa omega-3 juga baik untuk otak karena mereka membantu sistem sirkulasi yang memompa oksigen ke kepala anda dan meningkatkan fungsi membran yang mengelilingi sel otak. Orang yang banyak mengkonsumsi ikan atau omega-3 bisa memiliki keadaan mental dan kecerdasan yang lebih baik dan lebih tahan terhadap depresi. Menyantap hidangan ikan seperti salmon, sarden, mackerel, dan tuna setidaknya 3 kali dalam seminggu adalah awal yang baik.

Menggali Ingatan
lihatlah kembali album foto lama atau buku tahunan sekola anda. Otak adalah sebuah mesin ingatan, jadi biarkanlah ia bekerja supaya tidak berkarat.

Kurangi Lemak
(waduuh)
lemak bisa mengurangi oksigen yang akan masuk ke dalam otak kita sehingga metabolisme otak akan melemah

Bermain Teka-teki
menyelesaikan teka-teki di waktu luang adalah cara yang baik untuk melatih otak dan menjaga kondisinya. tidak masalah apakah itu tts, jigsaw atau permainan logika. tapi lakukanlah dengan menyadari bahwa teka-teki tersebut hanyalah sebuah permainan untuk kesenangan.

Meningkatkan Keterampilan
beberapa rangsangan mental yang diulang-ulang sebenarnya baik untuk otak selama kita terus meningkatkan keahlian dan pengetahuan dasar. kegiatan sehari-hari seperti berkebun, menjahit, membaca, mengisi tts dapat berguna untuk kesehatan otak asalkan kita bisa mendorong diri untuk terus melakukannya pada tingkat yang berbeda. misalnya menjahit dengan pola yang lebih sulit, melukis dengan teknik yang lebih sulit, atau mengerjakan tts yang lebih besar dan sulit.

Olahraga (latihan fisik)
ada lima manfaat olahraga terhadap otak :
meningkatkan kemampuan otak
membantu menunda proses penuaan
mengurangi stres
menaikkan daya tahan tubuh
memperbaiki kepercayaan diri 

Latihan Mental
ada beberapa cara melatih mental agar otak berkembang dengan baik :
asah indera
pikirkan namanama temanmu dan pasangkan dengan nomor telepon mereka 
belajarlah sesuatu yang baru
latih tangan untuk mengikuti petunjuk otak 
tekuni sebuah hobi
hafalkan sesuatu yang kamu sukai
pelajari tanggal-tanggal penting
gunakan buku referensi untuk mempelajari beberapa puluh nama seperti nama ibu kota negara bagian atau negara-negara di Asia Tenggara atau yang lainnya. 
pelajari daftar kronologis suatu peristiwa tertentu 
ingat riwayat pribadimu 
teliti ulang pengeluaran harianmu 

Nutrisi Sehat
dahuuulu banyak pakar meyakini bahwa nutrisi tidak secara signifikan mempengaruhi fungsi kognitif. namun sekarang banyak penelitian yang membuktikan sebaliknya bahwa nutrisi ternyata sangat mempengaruhi fungsi kerja otak.

Manajemen Stres
manajemen stres adalah kemampuan penggunaan sdm secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan (respon). Tujuan dari manajemen stres itu sendiri adalah untuk memperbaiki kualitas hidup individu itu agar menjadi lebih baik.
 

oktaniaputriworld Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea